MENANTI REKOMENDASI KESESUAIAN RUANG PEMBANGUNAN DERMAGA JETTY GILI GEDE

MENANTI REKOMENDASI KESESUAIAN RUANG PEMBANGUNAN DERMAGA JETTY GILI GEDE

Diterbitkan Kamis, 13 September 2018 oleh ucang 69 kali dilihat


Mataram – 13 September 2018, Diadakan rapat di ruang aula pengga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi NTB. Rapat ini dipimpin oleh Arifuddin, ST selaku Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Prov NTB dan dihadiri oleh 30 peserta rapat. Rapat dengan tema pembahasan rekomendasi kesesuaian ruang pembangunan dermaga yang merupakan tindak lanjut dari permohonan PT. The Be Tree dihadiri oleh beberapa pihak terkait, seperti perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, UNRAM, PT. The Be Tree, Camat, Kades dan Pol PP.

Agenda pertemuan ini juga untuk mengetahui perencanaan pembangunan dermaga jetty oleh PT. The Be Tree dalam bersinergi dengan sumberdaya alam dan manusia. Lokasi pembangunan terletak di dusun Orong Bukai, Desa Gili Gede, Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Pembangunan dermaga jetty dengan ukuran 2.5 x 40m tersebut sebagai sarana penunjang transportasi “Villa Selalu” yang terdapat di Desa Gili Gede. Rencana pembangunan dermaga ini juga berdasarkan konsep Pemerintah Kabupaten yang akan menjadikan wilayah Sekotong termasuk juga Desa Gili Gede sebagai destinasi wisata Kabupaten Lombok Barat.

Selain itu, beberapa faktor lingkungan di lokasi tersebut menjadi dasar pembangunan dermaga jetty, yaitu surutnya air akan menyulitkan bersandarnya kapal, tidak sedikit primata laut seperti bulu babi yang dapat membahayakan tamu Villa, akses jalan belum memadai dan terumbu karang yang terinjak dapat merusaknya.

Lokasi pembangunan dermaga yang dimohonkan merupakan kawasan konservasi yang masih dicadangkan dan masuk dalam zona pemanfaatan. Secara ruang, lokasi tersebut tidak tertuang dalam dokumen RZP3K (data spasial), namun untuk akses intra dan ekstra (kawasan wisata) diperbolehkan dengan adanya beberapa catatan yang tertuang di dalam dokumen kajian lingkungan.

Mengingat potensi sumber daya alam di lokasi tersebut yang tinggi baik ekosistem laut, kearifan lokal dan keindahan pantai tentunya diperlukan pertimbangan matang dalam memberikan dan menentukan kebijakan. Keterlibatan dan pemberdayaan penduduk sekitar dalam pembangunan dermaga juga perlu diperhatikan. Tidak kalah penting, pembangunan dermaga ini diharapkan tidak mengganggu aktifitas nelayan maupun budidaya mutiara yang ada disekitar lokasi tersebut.

Lukman Hakim selaku Direktur PT. The Be Tree menyatakan bahwa dermaga jetty diperuntukkan bagi tamu Villa Selalu. Pihak PT. The Be Tree mengklaim bahwa sudah memperkerjakan 90% tenaga kerja lokal, tidak mengganggu aktifitas nelayan, menjaga ekosistem disekitar maupun menjaga kelestarian laut.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan pengecekan ke lokasi pembangunan dermaga jetty di Desa Gili Gede guna memastikan kondisi lingkungan dan keakuratan terhadap informasi yang telah disampaikan dalam pertemuan ini terutama terkait pada titik koordinat yang telah ditentukan untuk mendapatkan rekomendasi ruang dari TKPRD Provinsi NTB.~ppid~


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Rakor Ketahanan Keluarga

Program

Hotel Lombok Astoria

Rabu, 14 November 2018

08.00 WITA


Lokakarya Penurunan Prevelensi Kurang Gizi di Provinsi NTB

Bidang PIW

Hotel Grand Legi

Rabu, 14 November 2018

08.00 WITA


Rapat Teknis Input Data e-Sakip

Program

Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB

Rabu, 14 November 2018

08.30 WITA


Kegiatan Penyusunan Detail Engineering Design Ruang Terbuka Publik dan Promenade Dusun Grupuk di KSPN Mandalika NTB TA. 2018

Bidang Tata Ruang

D’max Convention

Kamis, 15 November 2018

08.00 WITA


Grand Opening Olimpiade Pecinta Quran 2

Bidang Bina Konstruksi

Ballroom IC NTB

Kamis, 15 November 2018

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 0

Bulan Ini : 33

Total Pengunjung : 9855

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait