PEMBAHASAN ISU STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR DI WILAYAH SUNGAI SUMBAWA

PEMBAHASAN ISU STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR DI WILAYAH SUNGAI SUMBAWA

Diterbitkan Rabu, 14 April 2021 oleh ucang 231 kali dilihat


Salah satu tugas Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS) Sumbawa adalan pembahasan rancangan program dan kegiatan pengelolaan sumber daya air pada Wilayah Sungai Sumbawa guna perumusan bahan pertimbangan untuk penetapan program dan rencana kegiatan sumber daya air. TKPSDA diharapkan dapat mengintegrasikan dan menyelaraskan kepentingan antar sektor, antar wilayah dan antar pemilik kepentingan dalam pengelolaan sumber daya air yang diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak terkait. Demikian arahan Kabid Sumber Daya DPUPR Provinsi NTB Bapak L. Kusuma Wijaya, ST, MT selaku Sekretaris Harian TKPSDA WS Sumbawa pada kegiatan Sidang Pleno yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.
Kegiatan yang diselenggarakan secara online dan offline di salah satu hotel di Kota Bima dihadiri oleh anggota TKPSDA WS Sumbawa, BMKG Satklim Kediri, Dinas ESDM Prov NTB, dan Sekretariat Komisi Irigasi provinsi NTB. Narasumber pada kegiatan ini berasal Bappeda Kab Bima, BPBD Kota Bima, Federasi Tim Siaga Bencana, Dinas LHK Provinsi NTB dan BMKG Satklim Kediri. Kepala Bappeda Kabupaten Bima Bapak H. Fahrudin, S.Sos., MAP. menyampaikan mengenai kondisi Kabupatan Bima, isu dan permasalahan pembangunan, strategi dan prioritas penanganan untuk mempercepat pembangunan serta upaya yang dilakukan dalam rangka penanganan banjir di Kabupaten Bima. Kepala BPBD Kota Bima Ir. Hj. Siti Zainab menyampaikan mengenai kondisi kebencanaan di Kota Bima serta upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam rangka upaya pengurangan risiko bencana.
Kegiatan dilanjutkan Paparan dari Federasi Tim Siaga Bencana Kota Bima terkait kelembagaannya dan upaya yang dilakukan baik pra, saat dan pasca bencana. Selanjutnya dari Dinas LHK Provinsi Bapak L. Saladin yang menyampaikan mengenai target pembangunan sektor lingkungan hidup dan kehutanan serta penganggarannya yang diupayakan dalam Program NTB Hijau. Salah satu yang menjadi fokus beliau adalah penanganan banjir dan sampah. Narasumber terakhir dari BMKG Satklim Kediri menyampaikan update kondisi fenomena siklon tropis Seroja yang sedang melanda beberapa wilayah di Nusa Tenggara.
Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan perumusan hasil antara lain :
a. Kolaborasi unsur penta helix yaitu pemerintah, masyarakat, akademisi, pengusaha dan media melalui rencana aksi yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam penanganan banjir.
b. Konsistensi dan sinkronisasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur eksisting dengan pelaksanaan tata ruang sebagai bentuk pengurangan risiko bencana banjir pada Kota Bima dan Kabupaten Bima.
c. Penyadaran dan pelibatan masyarakat dalam upaya pengelolaan sumber daya air dan lingkungan yang berkelanjutan, termasuk dalam penanggulangan daya rusak air pembentukan komunitas masyarakat peduli sungai dan komunitas masyarakat peduli waduk.
d. Penataan Kawasan Hulu, Tengah dan Hilir berbasis Wilayah Sungai didukung penguatan kapasitas SDM dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.
e. Penanganan sampah perlu diperkuat dengan peningkatan kapasitas SDM, produk, terhubung dengan pasar dan peningkatan pelayanan sampah.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 94

Minggu Ini : 94

Bulan Ini : 434

Total Pengunjung : 150501

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait