Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu Unit Hidrologi Dan Kualitas Air Balai ISDA DPU NTB Telah Sesuai Dengan ISO 9001

Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu Unit Hidrologi Dan Kualitas Air Balai ISDA DPU NTB Telah Sesuai Dengan ISO 9001

Diterbitkan Selasa, 5 Desember 2017 oleh nyoman_dian 133 kali dilihat


ISO 9001:2008 merupakan standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM), di Indonesia sendiri oleh Badan Standardisasi Nasional telah ditetapkan dalam SNI ISO 9001:2008 sesuai dengan Surat Keputusan BSN nomor : 125/KEP/BSN/12/2008 tanggal 30 Desember 2008. Sertifikat ISO 9001:2008 adalah dokumen yang membuktikan bahwa sebuah organisasi telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu yang memenuhi standar ISO 9001:2008. Sertifikat ISO 9001:2008 merupakan pengakuan internasional terhadap suatu organisasi yang telah taat azas memberikan produk baik barang maupun jasa yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sertifikat tersebut diberikan setelah organisasi dinyatakan lulus dari suatu proses audit yang dilakukan oleh badan sertifikasi yang berwenang. Dalam standar tersebut mencakup sistem manajemen mutu untuk persyaratan umum dan persyaratan dokumentasi, tanggung jawab manajemen, pengelolaan sumber daya, realisasi produk dan pengukuran, analisis dan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 secara konsisten, konsekuen dan dengan penuh komitmen dapat dipastikan akan memberikan banyak dampak dan manfaat pada Unit Balai Informasi Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB, antara lain dapat meningkatkan moril pegawai dengan efisiensi dan efektifitas manajemen, meningkatkan komunikasi dan kualitas iklim kerja, sarana internal benchmarking, meningkatkan ketertiban administrasi, Standardisasi dan dokumentasi sistem kerja, mengurangi pemborosan dan duplikasi pekerjaan, mengurangi beban inspeksi, mendorong pengembangan sumber-daya manusia, mendorong penerapan perbaikan berlanjut, pengakuan Internasional, peningkatan kualitas produk dan pelayanan, meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi keluhan pelanggan, serta meningkatkan reputasi dan citra organisasi. Kinerja dan mutu pelayanan Data dan Sistem Informasi Sumber Daya Air Balai ISDA DPU NTB diakui dunia internasional seiring dengan telah diterimanya sertifikat ISO 9001:2008 yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi nasional, setelah sebelumnya dilakukan audit sertifikasi terhadap kinerja dan mutu pelayanan yang telah dijalankan selama ini. Proses dan tahapan-tahapan untuk memperoleh Sertifikat penerapan ISO 9001:2008 tidak diperoleh dengan mudah, diawali dengan melakukan diagnostic assesment, pelatihan dan pendampingan oleh konsultan, penyusunan dokumen, audit internal, pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), dan permohonan pengajuan sertifikasi yg meliputi 2 (dua) kegiatan yaitu preliminery dan audit sertifikasi serta memberikan jawaban terhadap temuan (Non Conformity / Observation Report) hingga akhirnya dapat meraih sertifikasi ISO 9001:2008. Unit Hidrologi dan Kualiatas Air Balai Informasi Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB telah menunjukkan kemampuan organisasi (Unit Hidrologi dan Kualitas Air) untuk secara konsisten melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan perundangan dan peraturan yang berlaku, dan bertujuan untuk kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif, termasuk proses-proses untuk perbaikan yang berkelanjutan dan pencegahan ketidaksesuaian. Selamat dan sukses Untuk Balai Informasi Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Sidang Pleno Tim TKPSDA WS. Lombok

Bidang Sumber Daya Air

Hotel Lombok Garden

Selasa, 18 September 201

09.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 3

Kemarin : 200

Minggu Ini : 6112

Bulan Ini : 1077

Total Pengunjung : 6112


Link Terkait