Penguatan Kapasitas P3A di Daerah Irigasi di Kewenangan Pengamat Dompu Selatan untuk mendukung Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Partisipatif

Penguatan Kapasitas P3A di Daerah Irigasi di Kewenangan Pengamat Dompu Selatan untuk mendukung Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Partisipatif

Diterbitkan Rabu, 21 Oktober 2020 oleh ucang 509 kali dilihat


Pembentukan, revitalisasi dan Penguatan Kapasitas kelembagaan P3A/GP3A yang berada di Daerah  Irigasi Kewenangan Pengamat Dompu Selatan menjadi agenda rapat Komisi Irigasi Kabupaten Dompu pada tanggal 19 Oktober 2020 yang terdiri dari Daerah Irigasi Daha, Ale, Embung Lanangga dan Embung Jambu.  Daerah Irigasi Daha tersebut merupakan bagian dari kewenangan Provinsi sesuai dengan Permen PUPR 14/2015 tentang kriteria dan Penetapan Status Daerah Irigasi, sedangkan untuk DI Ale, E. Lanangga dan E. Jambu termasuk dalam kewenangan kabupaten.  Hadir dalam kesempatan ini adalah perwakilan Dinas PUPR Dompu, Bappeda dan Litbang Dompu, Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu, Sekretariat Komir Dompu, perangkat desa, pengamat pengairan Dompu Selatan, P3A/GP3A,  TPM/KTPM dan Konsultan ISAI Regional 7.

Pembentukan dan Revitalisasi pada Daerah Irigasi Daha terdiri IP3A Daha Kompleks, GP3A Doro Tune, GP3A  Moro Wawo, P3A Kadunggu, P3A Tune Ncuhi, P3A Temba Wadu, P3A Latonggu, P3A Wadu Ngane, P3A Ompu Mbeka, P3A Lakenda, P3A Rida Na’e, P3A Tolo Mpungga, P3A Due Na’e, P3A Nanga Jambu, P3A Lapocu, P3A Doro Kaloa, P3A Ncuhi Adu, P3A Temba Sambi dan P3A Wadukajuji. Daerah Irigasi Ale terdiri dari GP3A Ale, P3A Mada Oi Ndau dan P3A So Rade Lako.  Daerah Irigasi Embung Jambu terdiri dari GP3A Doro Lune, P3A Kapupu, P3A Kembang Lune, P3A Jara Daro, dan P3A Doro Kamama. Daerah Irigasi Embung Lanangga terdiri dari GP3A Embung Lanangga, P3A Wadu Kajuji, dan P3A So Lapenda.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Pengamat Dompu Selatan dirangkai dengan penguatan kapasitas P3A/GP3A yang membahas mengenai dasar hukum, pembagian wilayah kerja, kepengurusan, kewajiban pengurus, hak-hak anggota, dan sumber dana. Harapannya kapasitas P3A/GP3A dapat ditingkatkan sehingga pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi (PPSI) partisipatif dapat ditingkatkan, termasuk juga pengarusutamaan gender dalam kelembagaan P3A/GP3A. P3A termasuk komponen yang menjadi indikator dalam pengelolaan irigasi, dimana kemandirian P3A akan membantu terwujudnya irigasi yang mantap.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 409

Minggu Ini : 595

Bulan Ini : 595

Total Pengunjung : 187248

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait