Pentingnya Air dalam Aspek Kehidupan - Hari Air Dunia

Pentingnya Air dalam Aspek Kehidupan - Hari Air Dunia

Diterbitkan Selasa, 23 Maret 2021 oleh ucang 74 kali dilihat


Keberadaan air sangat penting dalam berbagai sektor kehidupan, dimana kondisi air saat ini semakin krusial dan kompleks baik dari segi kualitas maupun kuantitas termasuk dengan berbagai permasalahannya antara lain polusi air, kelangkaan air, kurangnya sanitasi, pasokan air yang tidak memadai dan perubahan iklim. Mengingat pentingnya keberadaan air, maka setiap tanggal 22 Maret diperingati oleh banyak negara di dunia sebagai hari air dunia yang merupakan momentum untuk menangani dan mengatasi berbagai permasalahan terkait air sehingga air dapat dimanfaatkan di masa yang akan datang.
Setiap tahunnya tema peringatan hari air berbeda-beda, dimana pada tahun ini bertemakan Valuing Water atau Menghargai Air. Harapannya setiap orang lebih menghargai pentingnya keberadaan air dalam setiap aspek kehidupan. Bertempat di Bendung Batu Dendeng, Kelurahan Dasan Geres Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan penyelenggaraan Hari Air Dunia XXIX Tahun 2021 yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lombok Barat. Hadir pada kesempatan kali perwakilan DPRD Kabupaten Lombok Barat, BKSDA, BWS NT I, DPUPR Kab Lobar, Dinas Pertanian Kabupaten Lobar, Camat Gerung, Lurah Dasan Geres, KMPS Batu Dendeng, Pengamat Pengairan Kediri serta masyarakat setempat.
Acara dibuka dengan laporan penyelenggara kegiatan Kepala Bidang SDA DPUPR Provinsi NTB Bapak L. Kusuma Wijaya, ST, MT yang menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air melalui sinergisitas Pemerintah dan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) serta peningkatan kapasitas KMPS dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan melalui kegiatan penataan lingkungan, pengembangan ekonomi dan pengelolaan sampah. Beliau juga menambahkan bahwa rangkaian kegiatan hari air ini terdiri dari pengangkatan sedimen, pembuatan biopori, penanaman pohon, pelepasan ikan, wisata air serta pengelolaan sampah dan penataan lingkungan.
Bupati Lombok Barat dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keberadaan air dan kepedulian kita bersama dalam menjaga kelestarian air. Jumlah air banyak maupun sedikit saat ini seringkali mengakibatkan terjadinya bencana sehingga diperlukan pengelolaan air yang baik. Hari air dunia ini merupakan momentum yang tepat untuk menjaga dan memelihara sungai serta bangunan air lainnya agar tetap lestari. Sejak usia dini anak-anak perlu diajak dan dilatih agar memiliki kepedulian untuk menjaga dan merawat sungai, sarana dan prasarana sumber daya air. Menutup arahannya, Bapak H. Fauzan Khalid mengharapkan pelibatan masyarakat dalam setiap program dan kegiatan sehingga masyarakat merasa memiliki dan ikut menjaga sungai dan infrastruktur SDA. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan yang dilaksanakan oleh Bupati Lombok Barat bersama dengan tamu undangan yang berpartisipasi dalam kegiatan Hari Air Dunia XXIX Tahun 2021.
Mari mengambil peran dalam menjaga ketersediaan air dengan menghemat pemakaian air, menjaga sumber air dan infrastruktur SDA maupun upaya lain yang dapat menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuatitas air sehingga tersedia air untuk generasi yang akan datang dan bukan air mata.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 62

Minggu Ini : 129

Bulan Ini : 129

Total Pengunjung : 125901

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait