Penyusunan Rencana Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi

Penyusunan Rencana Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi

Diterbitkan Rabu, 9 Juni 2021 oleh ucang 19 kali dilihat


Penyusunan Rencana Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi (RP2I) bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan irigasi yang sinergis dengan pertanian. RP2I harus terintegrasi dengan rencana pembangunan daerah dan perangkat daerah. Implementasi program dan kegiatan yang menjadi turunan dan terinput dalam form data RP2I harus dilaksanakan secara terpadu, sinergi dan melalui koordinasi yangkuat antar perangkat daerah pelaksana. Hasil akhirnya di evaluasi berbasis outcome dengan harapan adanya peningkatan produktifitas dan ketahanan pangan.

Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama 4 Kabupaten yaitu Bima, Dompu, Lombok Timur dan Lombok Tengah pada Tahun 2021 melaksanakan penyusunan dokumen RP2I yang merupakan bagian dari kegiatan Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP). Saat ini sedang dilakukan proses inventarisasi, identifikasi dan pengisian data Form RP2I untuk Daerah Irigasi Kewenangan Provinsi.

Melalui aplikasi zoom, pada tanggal 07 Juni dilaksanakan evaluasi pengisian form RP2I. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari Dinas PUPR Provinsi NTB, K/TPM Program IPDMIP, Konsultan ISAI Reg 7 NTB NTT dan Konsultan KP BWS, PIU DPUPR NTB serta sekretariat Komir Provinsi NTB. Kegiatan dibuka oleh Ibu Juraedah Dwi Anggraeni yang memaparkan progres pengisian form RP2I dan kendala yang dihadapi. Ketersediaan data dan keterbatasan SDM pengelola data merupakan kendala yang banyak dijumpai di tingkat pengamat, padahal pengisian ini membutuhkan banyak data yang kedepannya akan digunakan untuk membuat perencanaan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi 5 (lima) tahun kedepan. Hal ini perlu menjadi perhatian, mengingat basis data yang baik akan bermanfaat dalam proses perencanaan program dan kegiatan sehingga sesuai dengan kondisi eksisting dan tepat sasaran.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 94

Minggu Ini : 94

Bulan Ini : 434

Total Pengunjung : 150509

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait