SIH3 sebagai Elemen Penting dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Nusa Tenggara Barat

SIH3 sebagai Elemen Penting dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Diterbitkan Selasa, 7 September 2021 oleh ucang 29 kali dilihat


Kadis PUPR Provinsi NTB Bapak Ridwan Syah membuka kegiatan Rapat Komisi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya aAir (TKPSDA) WS Lombok yang dilaksanakan di Aula Irigasi hari ini. Beliau dalam arahannya menyampaikan bahwa peran NTB sebagai penyangga pangan nasional yang diimplementasikan dalam RPJMD sebagai 3 pilar yang menumpu pembangunan di Provinsi NTB yaitu pertanian, pariwisata dan industrialisasi. Kerja cerdas dalam rangka membangun Provinsi NTB sangat penting terutama sektor Sumber Daya Air yang diharapkan tidak surut dalam kondisi apapun. Salah satu elemen yang penting adalah menyajikan sistem informasi yang dapat diakses dengan merumuskan sistem informasi dalam rangka Pengelolaan Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi (SIH3) yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Kadis PUPR NTB ini juga menegaskan agar hari ini dapat dijadikan momentum untuk membahas Pengelolaan Data SIH3 yaitu koordinator dan pengelola (clearing house) data sehingga data dapat terintegrasi, peningkatan jangkauan pelayanan dan informasi serta Revisi Pergub 40 Tahun 2014 tentang Pengelolaan SIH3 Provinsi NTB. Harapannya Pengelolaan SIH3 ini dapat digunakan tidak hanya pada sektor pertanian, melainkan juga sebagai upaya mitigasi bencana yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholder terkait, termasuk sebagai dasar pemerintah dalam merumuskan kebijakan terutama terkait pengelolaan SDA.

Kepala BWS NT I Bapak Hendra Ahyadi yang juga berkesempatan hadir juga sangat mendukung kegiatan TKPSDA Lombok sehingga memprakarsai Pengelolaan SIH3
sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Fasilitasi informasi, prasarana dan teknologi SDA, lingkungan, sosial dan ekonomi SDA juga menjadi perhatian BWS NT I. Salah satu yang sedang berproses dilakukan adalah membuat "water center" yang akan dimanfaatkan oleh TKPSDA maupun stakeholder terkait untuk membuat informasi SIH3 semenarik mungkin agar data yang penting dapat terkelola dengan baik untuk menentukan kebijakan pengelolaan SDA di Provinsi NTB.

Kegiatan Rapat Komisi dipimpin oleh Bapak L. Kusuma Wijaya Kabid SDA DPUPR NTB yang menyajikan 3 narasumber yaitu Bapak Saiful Yusron dari BWS NT I, Bapak Restu Patria Megantara dari BMKG Satklim Kediri dan Bapak Amri Rosyada dari Dinas ESDM Provinsi NTB. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi untuk merumuskan rekomendasi yang antara lain mengusulkan BMKG sebagai koordinator pengelola SIH3 Provinsi NTB, mengusulkan BMKG, Dinas ESDM dan BWS NT I sebagai clearing house data H3 serta perlu dilakukan revisi rethadap Pergub NTB Nomor 40 Tahun 2014 tentang Kebijakan Pengelolaan SIH3.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 409

Minggu Ini : 595

Bulan Ini : 595

Total Pengunjung : 187266

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait