Studi Komparasi tentang Pengelolaan P3A dan Komisi Irigasi Kabupaten Barito Kuala ke NTB

Studi Komparasi tentang Pengelolaan P3A dan Komisi Irigasi Kabupaten Barito Kuala ke NTB

Diterbitkan Jumat, 16 Oktober 2020 oleh ucang 305 kali dilihat


Studi Komparasi Tentang Pengelolaan P3A dan Komisi Irigasi Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat pada hari ini mengunjungi Komisi Irigasi Provinsi Nusa Tenggara Barat dan GP3A Tengker yang berada di Daerah Irigasi Gde Bongoh.

Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Kadis PUPR Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sahdan, ST, MT. Beliau juga menyampaikan kondisi Provinsi Nusa Tenggara Barat termasuk mengenai infrastruktur sumber daya air serta kelembagaan pendukungnya. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pengga Dinas PUPR Provinsi NTB dihadiri perwakilan dari Bappeda Provinsi NTB, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, BWS NT I, Perwakilan IP3A/GP3A, Sekretariat Komir NTB, dan Konsultan ISAI Regional 7 NTB – NTT.

Rombongan Kab Barito Kuala dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Barito Kuala, H. Abdul Manaf. Beliau menyampaikan adanya perbedaan kondisi antara Provinsi NTB dengan daerahnya yang merupakan daerah pasang surut dengan musim tanam yang berkisar 1 -2 kali dalam setahun. Kunjungan studi tiru di Provinsi NTB menurut beliau karena prestasi NTB sebagai Komir Provinsi Terbaik sehingga banyak hal yang perlu digali. Menurut Sekda yang pernah menjabat Kadis PUPR Barito Kuala ini, komir memiliki peran strategis dalam menjembatani antara yang diinginkan oleh P3A dengan Pemerintah yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas P3A dalam berproduksi. Meskipun dengan karakteristik berbeda, tetapi ada keinginan untuk meniru pola pengelolaan dan menyerap praktik baik yang sudah diterapkan di NTB.

Diskusi yang dipandu Kabid Sumber Daya Air DPUPR NTB Bapak L. Kusuma Wijaya, ST., MT. membahas banyak permasalahan antara lain intervensi pendanaan dan pemberdayaan Komisi irigasi dan P3A dari pemerintah, Peranan Komisi Irigasi, Keunggulan Komir NTB sehingga bisa menjadi yang terbaik, Sumber-sumber pendanaan bagi P3A. Selain membahas mengenai kelembagaan Komir dan P3A, kunjungan ini dimaksudkan juga belajar praktik baik pelaksanaan Program IPDMIP di NTB yang dianggap memiliki kinerja baik dikancah nasional.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 94

Minggu Ini : 94

Bulan Ini : 434

Total Pengunjung : 150500

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait