Evaluasi Kinerja Komisi Irigasi Program IPDMIP

Evaluasi Kinerja Komisi Irigasi Program IPDMIP

Diterbitkan Selasa, 30 November 2021 oleh M. Kausar 700 kali dilihat


Kepala Sekretariat Komisi Irigasi Provinsi NTB Ibu Juraedah Dwi Anggraeni  berkesempatan  mewakili Kepala Bappeda Provinsi NTB yang sekaligus merupakan Ketua Komisi Irigasi Provinsi Ntb  pada kegiatan workshop Evaluasi Kinerja Komisi Irigasi Program Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP) yang dilaksanakan oleh Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri. Pada kesempatan ini menjadi narasumber perwakilan daerah bersama Ketua Komisi Irigasi Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Cilacap menyampaikan terkait Pengalaman Pembelajaran Komisi Irigasi dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Ir. Edison Siagian, ME dari perwakilan Bina Bangda yang menyampaikan peran penting komir dalam koordinasi dan komunikasi serta sinergi dalam jaringan, pengaturan air, serta pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi. Beliau juga menekankan keberadaan pemerintah daerah sebagai motor penggerak dan motivator peningkatan kinerja komir baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk menjamin kedaulatan pangan. Harapannya kedepannya  komir dapat berfungsi penuh.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari  Bappenas terkait  Penguatan kelembagaan irigasi partisipatif dalam konteks RPJMN Tahun 2020 - 2024  dan mendukung partisipasi Masyarakat yang disampaikan oleh Bapak Fandi. Kemudian dilanjutkan paparan bapak Gunawan Movianto dari Bina Bangda yang menyampaikan terkait Progres Kinerja Komisi irigasi Tahun 2020. Berdasarkan hasil evaluasi kinerja Komir NTB masuk sebagai Komir terbaik I dengan nilai 99 bersama 4 kabupaten pelaksana program IPDMIP di Provinsi NTB yaitu Komisi Irigasi Kabupaten Dompu Komisi Irigasi Kab.Bima Komisi Irigasi Kab.Bima Komisi Irigasi Kabupaten Lotim yang juga mendapatkan nilai 99.

Paparan selanjutnya dari perwakilan  Direktorat Bina OP Kementerian PUPR Ibu Husnul Chotimah yang menyampaikan terkait petunjuk pelaksanaan Komir dan menekankan pada kendala pengembangan komir secara umum dari segi pendanaan sehingga memerlukan dukungan salah satunya dari dewan perwakilan rakyat daerah. paparan dari pusat ditutup dengan Bapak Ir. Hasan Latuconsina, M. Si.  dari BPPSDMP Kementan yang menyampaikan Penguatan Komir untuk mendukung pendapatan irigasi.

Kegiatan yang dibagi menjadi 3 sesi paparan di moderatori oleh Bapak Nusa Bakti  dari ISAI Pusat yang menyampaikan bahwa perlu komitmen, kerjasama, dan meminimalisir ego untuk mengembangan komisi irigasi menjadi wadah kelembagaan pengelolaan irigasi yang strategis kedepannya. Kondisi komir saat ini ada dan eksis serta memberi impact dalam keberlanjutan irigasi dan mendukung ketahanan pangan. Menutup kegiatan pada kesempatan hari ini 29 November 2021 Ibu Dyah Sulistyaningsih dari Bina Bangda menyampaikan rumusan kegiatan hari ini antara lain :

  1. Dalam upaya menciptakan pengelolaan sumber daya air yang efisien dan merata, diperlukan penyesuaian kelembagaan baik untuk kelembagaan pemerintah maupun petani
  2. Keterpaduan aspek teknis dan sistem kelembagaan dalam pengelolaan irigasi akan berpengaruh terhadap hasil (outcomes), efisiensi dan optimasi pengalokasian sumber daya air.
  3. Kesimpulan hasil verifikasi BPKP dalam periode mulai tanggal 27 September 2021 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2021, didapatkan hasil untuk DLI-3 yaitu berdasarkan hasil verifikasi secara sampel pada 31 KOMIR, diketahui bahwa seluruh KOMIR (100%) telah dinilai dan beroperasi sesuai dengan indikator kinerja yang telah diperbaharui.
  4. Dari target 65 KOMIR sebanyak 67 KOMIR telah dinilai dan telah beroperasi sesuai dengan indikator kinerja yang telah diperbaharui.
  5. Input Sistem informasi KOMIR tahun 2021 paling lambat diterima NPIU Bangda pada tanggal 15 Desember 2021.
  6. Perlu diperkuat Kolaborasi, koordinasi dan sinkronisasi yang baik antara Kementerian Pertanian dengan Kementerian PUPR, agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan.
  7. Manfaatkan media Sosial

Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Ada yang ingin Sobat PUPR sampaikan ? Scan QR dibawah ini
Responsive image
Pelayanan Aduan & Permohonan Informasi

Akses Daftar Informasi Publik
Responsive image
Daftar Informasi Publik

Responsive image
Responsive image
Survei Kepuasan Masyarakat Online Terintegrasi
KLIK DISINI

Telusuri
Agenda

Koordinasi TPAR Kebon Kongok.

Cipta Karya

Ruang Rapat Dinas LHK NTB

Kamis

08.30 WITA


Asistensi Data Laporan Penjabat Gubernur. Ruang

-

Rapat Bappeda Prov NTB

Kamis

08.00 WITA


cara kunjungan peserta bimbingan teknis KOMIR.

Sumber Daya Air

Aula Pengga Dinas PUPR Prov NTB.

Kamis

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 318

Minggu Ini : 926

Bulan Ini : 926

Total Pengunjung : 478416

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?



Link Terkait