Konsolidasi, Review Program Kerja dan Aksi Pengurangan Risiko Bencana dalam mendukung misi NTB Tangguh dan Mantap

Konsolidasi, Review Program Kerja dan Aksi Pengurangan Risiko Bencana dalam mendukung misi NTB Tangguh dan Mantap

Diterbitkan Senin, 6 September 2021 oleh M. Kausar 255 kali dilihat


Kalak BPBD Provinsi NTB Bapak H. Sahdan pada kesempatan Diskusi Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi NTB menyampaikan arahan bahwa banyak pihak yang bekerja untuk penanganan bencana di Provinsi NTB dan hal yang penting adalah bagaimana menyusun dokumen yang baik sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar dapat menghadapi bencana kedepannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan Kepala Bappeda Provinsi NTB Bapak Iswandi sekaligus membuka kegiatan konsolidasi, review program kerja dan aksi pengurangan risiko bencana (PRB) dalam mendukung misi NTB Tangguh dan mantap yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2021. Beliau menyampaikan bahwa misi tangguh dan mantap merupakan misi Pemerintah Provinsi NTB yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2019 - 2023 yang merupakan momentum dari kejadian gempa pada Tahun 2018 yang merupakan bencana alam dan pandemic COVID19 Tahun 2019 yang merupakan bencana non alam. Beliau menambahkan bahwa Forum PRB merupakan wadah untuk menyampaikan banyak harapan bagi pemerintah daerah untuk merumuskan berbagai kebijakan untuk NTB Tangguh dan Mantap, dimana Provinsi NTB memiliki target penurunan risiko bencana yang perlu dibreakdown ke tingkat kabupaten/kota hingga ke desa yang mempunyai tingkat kerawananan. Peningkatan kapasitas daerah dalam PRB antara lain meningkatkan kapasitas BPBD kabupaten/Kota dan masyarakat melalui aktifitas yang terorganisir dan diberdayakan untuk ikut terlibat dalam kesiapsiagaan dalam penanganan bencana.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan mengenai Misi NTB Tangguh dan Mantap serta Review Program Kerja Tahunan dan 5 Tahunan Forum PRB yang disampaikan oleh Ibu Suryani Eka Wijaya yang merupakan wakil ketua Forum PRB NTB. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan masing-masing unsur pentahelix yang tergabung dalam keanggotaan Forum PRB NTB mengenai Program kerja yang sudah dan sedang direncananakan beserta waktu dan lokasi kegiatan terkait PRB di Provinsi NTB.

Dinas PUPR Provinsi NTB pada kesempatan kali ini diwakili sekretariat Dewan Sumber Daya Air Provinsi NTB Ibu Juraedah Dwi Anggraeni menyampaikan bahwa pemetaan kegiatan OPD Provinsi NTB dan stakeholder terkait yang merupakan unsur pentahelix sangat penting untuk menginventaris dan mengidentifikasi program, kegiatan, waktu dan lokasi kegiatan yang terkait pengurangan risiko bencana di Provinsi NTB. Pemetaan ini dapat digunakan untuk penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan risiko bencana dan Rencana penanggulangan bencana (RPB) 5 tahun Provinsi NTB untuk mendukung misi NTB Tangguh dan Mantap.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Ada yang ingin Sobat PUPR sampaikan ? Scan QR dibawah ini
Responsive image
Pelayanan Aduan & Permohonan Informasi

Akses Daftar Informasi Publik
Responsive image
Daftar Informasi Publik

Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 0

Bulan Ini : 1110

Total Pengunjung : 288719

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait