Pemanfaatan Mobile Training Unit Pembekalan dan Uji Kompetensi Tukang Bangunan Umum

Pemanfaatan Mobile Training Unit Pembekalan dan Uji Kompetensi Tukang Bangunan Umum

Diterbitkan Senin, 4 Oktober 2021 oleh M. Kausar 226 kali dilihat


Sesuai amanat Undang-Undang Jasa Konstruksi No.2 Tahun 2017, dimana disalah satu pasalnya menyebutkan tentang Pekerja Konstruksi bersertifikat terampil, hal tersebut dipertegas dalam Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2020 bahwa Tenaga Konstruksi WAJIB memiliki sertifikat kompetensi kerja. Untuk memudahkan sertifikasi di kab/kota, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, memberikan dua unit Mobile Training Unit (MTU) ke pemerintah Perovinsi NTB untuk dipergunakan dalam pelatihan pekerja konstruksi di tingkat terampil.
Sebagai satu kesatuan paket penyerahan kendaraan Mobile Training Unit (MTU) kepada pemerintah daerah, Dirjen Bina Konstruksi Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Nusa Tenggara Barat, juga mempersiapkan sumberdaya berupa tenaga instrukstur.
Pelatihan dan uji sertifikasi Tukang Bangunan Umum adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi tenaga tukang konstruksi dengan Mobile Training Unit (MTU) untuk memenuhi kebutuhan akan tukang konstruksi yang besertifikasi terampil yang sudah tersedia di daerah sehingga dapat bekerja dengan efektif dan efisien. Dengan pemberdayaan tersebut diharapkan pekerja tersebut mampu meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja konstruksi di daerah.
Beberapa hari yang lalu, telah diselenggarakan kegiatan Pemanfaatan Mobile Training Unit Oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Berlokasi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Tengah, kegiatan ini guna Pembekalan dan Uji Kompetensi Tukang Bangunan Umum dengan menggunakan MTU.
MTU yang merupakan sarana pendukung dalam Sertifikasi Pekerja Konstruksi Tingkat Terampil di Kabupaten dan Kota se-NTB ditergetkan untuk meningkatkan kemampuan pekerja konstruksi khususnya tukang konstruksi agar mampu bersaing secara mandiri dalam mencari pekerjaan. Selain itu, kebutuhan tenaga tukang konstruksi yang bersertifikat tenaga terampil di NTB dapat terpenuhi.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Ada yang ingin Sobat PUPR sampaikan ? Scan QR dibawah ini
Responsive image
Pelayanan Aduan & Permohonan Informasi

Akses Daftar Informasi Publik
Responsive image
Daftar Informasi Publik

Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 0

Bulan Ini : 1110

Total Pengunjung : 288723

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait