Peresmian Bendungan Bintang Bano

Peresmian Bendungan Bintang Bano

Diterbitkan Rabu, 12 Januari 2022 oleh M. Kausar 105 kali dilihat


Datang lebih awal, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan sarana prasarana infrastruktur di NTB menjelang kedatangan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Kedatangan Presiden RI ke NTB kali ini guna memantau persiapan NTB menyambut event MotoGP yang direncanakan akan digelar pada bulan Februari (Pramusim) dan Maret (Race day).

Selain itu, Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan salah satu Bendungan terbesar di NTB yakni Bendungan Bintang Bano. Bendungan Bintang Bano membendung aliran Sungai Brang Rea dengan total kapasitas tampung 76 juta m3 dan luas genangan 256 ha. Konstruksi bendungan didesain dengan tinggi 72 m, panjang bendungan 497,25 m, lebar puncak 12 m, elevasi puncak bendungan +120 m.

Nantinya bendungan ini akan menghasilkan air baku sebesar 550 liter/detik, serta mampu mengairi lahan seluas 6.700ha untuk mendukung pertanian di Sumbawa Barat

Di samping itu, kehadiran bendungan ini memberikan manfaat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 6,4 megawatt (MW).

Selain untuk irigasi dan penyediaan air baku, pembangunan bendungan itu sangat dibutuhkan sebagai pengendali banjir ulangan periode 25 tahun di Taliwang dengan mereduksi 22 persen atau setara 365 meter kubik per detik.

 


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 816

Bulan Ini : 864

Total Pengunjung : 275666

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait