RAPAT KOORDINASI DEWAN SUMBER DAYA AIR NASIONAL DENGAN DEWAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI

RAPAT KOORDINASI DEWAN SUMBER DAYA AIR NASIONAL DENGAN DEWAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI

Diterbitkan Selasa, 13 April 2021 oleh M. Kausar 671 kali dilihat


Dalam rangka memaksimalkan tugas dan fungsi wadah kordinasi pengelolaan sumber daya air maka pada hari Kamis tanggal 08 April 2021 dilaksanakan koordinasi/konsultasi serta bertukar pengalaman (best practice) antara Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN) dengan Dewan Sumber Daya Air Provinsi (DSDAP). Kegiatan yang dilaksanakan secara online dan offline ini dibuka oleh Sekretariat Dewan SDA Nasional Bapak Dr. Ir. Happy Mulya, SE yang menyampaikan mengenai kondisi Dewan SDA Provinsi di masing-masing daerah pasca batalnya UU Nomor 4 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air.

Kegiatan koordinasi ini diisi oleh 5 orang narasumber antara lain Bapak Happy Mulya mengenai Raperpres SDA, Direktorat Bina OP mengenai Implementasi Pengelolaan SDA Terpadu melalui Dewan SDA Provinsi, Sekretariat Dewan SDA Provinsi Aceh mengenai Tugas dan masukan Dewan SDA Provinsi, Bapak Indrocahyono mengenai rekomendasi indeks ketahanan air, dan Bapak Muhammad Amron mengenai rekomendasi upaya pengurangan risiko banjir. Bapak Happy Mulya menyampaikan mengenai kondisi sumber daya air, rancangan peraturan Presiden tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional dan mengakhiri paparan tugas dan fungsi sekretariat Dewan SDA Nasional. Arahan dilanjutkan dari Sub Direktorat Perencanaan Teknis dan Kelembagaan Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan
Paparan dilanjutkan oleh sekretariat Dewan SDA Provinsi Aceh yang menyampaikan best practice pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan SDA Aceh. Sekretariat DSDAP Aceh sesuai Pergub Aceh Nomor 39 Tahun 2018 menjadi Tupoksi UPTD yang didukung dengan SDM memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Paparan dilanjutkan dari perwakilan anggota Dewan SDAN dari unsur non pemerintah yang menyampaikan hasil rekomendasi mengenai Indeks Ketahanan Air dan upaya Pengurangan Risiko Bencana. Bapak Dr. Amroen pada kesempatan ini menyampaikan mengenai upaya pengurangan risiko bencana dengan menyusun strategi, program dan kegiatan pengelolaan risiko banjir didasarkan pada analisis dan penyebab banjir. Kegiatan ini perlu didukung dengan upaya monitoring, evaluasi dan penegakan hukum yang efektif dan transparan. Sedangkan Bapak Sukmadji Indro Tjahyono memaparkan mengenai indeks ketahanan air yang didasarkan Kebijakan Nasional Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) yang terdiri dari Konservasi SDA, Pendayagunaan SDA, Pengendalian Daya Rusak Air, Partisipasi Masyarakat dan Sistem Informasi SDA.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi, dimana secara umum peserta menyampaikan mengenai tindak lanjut keberadaan Dewan Sumber Daya Air Provinsi dan pembentukan Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Provinsi yang merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 17 tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Sekretariat Dewan SDAP NTB diwakili oleh Ibu Juraedah Dwi A menyampaikan mengenai keterbatasan penganggaran di daerah yang perlu menjadi perhatian juga dari Pusat terutama terkait kebijakan penganggaran bagi kelembagaan Pengelolaan Sumber Daya Air yang ada di daerah.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 816

Bulan Ini : 864

Total Pengunjung : 275653

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait