Jumat Salam di Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah

 Jumat Salam di Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah

Diterbitkan Sabtu, 23 Desember 2023 oleh M. Kausar 132 kali dilihat


Pada pelaksanaan kegiatan Jum’at Salam yang berlangsung di Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Dinas PUPR Provinsi yang dipimpin langsung oleh (Plh) Kepala Dinas, Ir. Hj. Lies Nurkomalasari bersama Ir. H. Hasim, MT (Sekdis PUPR Provinsi), Lalu Kusuma Wijaya, ST, MT (Kabid SDA), Ni Nyoman Yuli Suryani, ST, MT (Kabid Tata Ruang), Kusmalahadi Syamsuri, ST (Kabid Bikon), Erick Widodo, ST (Kabid Bangkim), dan Kusnadi, ST (Ka. Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilayah Pulau Lombok) meninjau lokasi untuk mencari tahu informasi serta permasalahan yang terdapat di daerah Prapen. Kelurahan Prapen merupakan suatu daerah yang terdiri dari 18 Lingkungan, 43 Rukun Tetangga (RT), serta memiliki jumlah penduduk sebanyak ±13.000 jiwa, dan memiliki kondisi geografis yang dikelilingi oleh Bendungan Batujai. Setelah melangsungkan pertemuan dengan Lurah dan Perangakat Daerah setempat, Dinas PUPR Provinsi telah merangkum dan memperoleh beberapa permasalahan yang menjadi keluhan masyarakat di Kelurahan Prapen, antara lain mengenai kejelasan terkait permasalahan penataan Bendungan Batujai dan penataan ruang di sekitar Bendungan Batujai, lalu permasalahan banjir yang selalu melanda Kelurahan Prapen ketika turun hujan dengan intensitas yang tinggi, selain itu terdapat permasalahan penataan kandang ternak masyarakat yang menyebabkan limbah dan mencemari lingkungan, serta kendala saluran drainase yang mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan banjir di kelurahan Prapen.

Dinas PUPR Provinsi melalui Kepala Bidang SDA, Lalu Kusuma Wijaya, ST, MT beserta Kepala Bidang Tata Ruang, akan berupaya untuk menangani permasalahan yang terjadi di Kelurahan Prapen. Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi akan bekerja sama dengan BWS NT-1 untuk menangani permasalahan sedimentasi yang tinggi pada saluran drainase di sekitar daerah yang dikelilingi oleh Bendungan Batujai sehingga dapat meminimalisir dampak banjir yang sering terjadi (pada 5 lingkungan Kelurahan Prapen) jika hujan turun dalam intensitas tinggi. Selain itu, Kepala Bidang SDA akan mengupayakan penanganan air dari Bendung Srigangge, Kali Surabaya yang mengalir ke wilayah Prapen dan menyebabkan penyumbatan pada gorong-gorong di sekitaran daerah yang dikelilingi oleh Bendungan Batujai. Maka dari itu, Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi akan berusaha untuk mencarikan solusi terbaik terkait saluran drainase yang akan dialirkan kembali ke sungai sebagai bentuk pengendalian banjir pada daerah sekitar Bendungan yang telah diatur sesuai dengan SOP serta memperhatikan pemeliharaan aliran sungai yang mengalir disekitar permukiman masyarakat.

Kepala Bidang Tata Ruang juga akan berusaha untuk memberikan pengertian dan pemahaman terhadap masyarakat di Kelurahan Prapen terkait penataan ruang terhadap pembangunan toko dan pembangunan kendang ternak yang mengganggu akses mobilitas, saluran drainase serta mencemari sungai. Dinas PUPR Provinsi melalui Bidang Tata Ruang bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan berusaha memberikan ruang diskusi bagi masyarakat Kelurahan Prapen sehingga dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemanfaatan ruang serta bersama-sama mencari solusi terbaik dalam menangani permasalahan yang terdapat di Kelurahan Prapen.

 


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Ada yang ingin Sobat PUPR sampaikan ? Scan QR dibawah ini
Responsive image
Pelayanan Aduan & Permohonan Informasi

Akses Daftar Informasi Publik
Responsive image
Daftar Informasi Publik

Responsive image
Responsive image
Survei Kepuasan Masyarakat Online Terintegrasi
KLIK DISINI

Telusuri
Agenda

Koordinasi TPAR Kebon Kongok.

Cipta Karya

Ruang Rapat Dinas LHK NTB

Kamis

08.30 WITA


Asistensi Data Laporan Penjabat Gubernur. Ruang

-

Rapat Bappeda Prov NTB

Kamis

08.00 WITA


cara kunjungan peserta bimbingan teknis KOMIR.

Sumber Daya Air

Aula Pengga Dinas PUPR Prov NTB.

Kamis

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 326

Minggu Ini : 934

Bulan Ini : 934

Total Pengunjung : 478424

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?



Link Terkait