EXPOSE INTEGRATED TOURISM MASTER PLAN (ITMP) LOMBOK & KEBUTUHAN DATA INFRASTRUKTUR

EXPOSE INTEGRATED TOURISM MASTER PLAN (ITMP) LOMBOK & KEBUTUHAN DATA INFRASTRUKTUR

Diterbitkan Kamis, 8 November 2018 oleh ucang 97 kali dilihat


Mataram – November 2018, PT. AECOM Indonesia  bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB dan beberapa instansi terkait telah mengadakan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Aula Pengga DPUPR Prov. NTB.

Pembahasan dalam rapat tersebut terkait Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Lombok yang dicanangkan oleh BPIW Kementerian PUPR. ITMP Lombok merupakan tanggung jawab bersama dalam merancang, membangun sebuah program dan melakukan pengendalian serta pengawasan yang didalamnya terdapat kesinergian antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Penyusunan ITMP merupakan kegiatan yang akan menggunakan anggaran dari dukungan Bank Dunia dalam rangka pengembangan pariwisata di Tanah Air.

ITMP sendiri dilaksanakan / berfokus di 3 tempat Lombok, Danau Toba dan Borobudur. PT. AECOM Indonesia merupakan pihak yang ditunjuk untuk melaksanakan pekerjaan ITMP untuk pulau Lombok.  Tahap yang saat ini dihadapi yakni memasuki tahap pengumpulan data dan analisa.

Disampaikan oleh Aryo Kuncuro, ST., M.Ars selaku Assistant Team Leader PT. AECOM Indonesia, proyek – proyek yang menjadi ranah ITMP dalam bidang ke-PU-an banyak membutuhkan data terkait infrastruktur jalan dan jembatan. Dibutuhkan juga partisipasi aktif, data perencanaan, pembangunan, dan pemeliharaan terhadap rencana infrastruktur jangka menengah dan panjang yang diharapkan dapat tersinkronasi dengan ITMP dalam menunjang pariwisata daerah.

Dalam presentasinya juga menuturkan, berdasarkan data World Bank bahwa kunjungan wisata di Indonesia dan Asia Tenggara meningkat beberapa tahun terakhir, yang menikmati porsi terbesar ialah Bali dan Pemerintah Pusat merasa perlu mengembangkan daerah wisata lain.

Lanjutnya, Kendala dalam pengembangan pariwisata diantaranya koordinasi antar sektor masih lemah, infrastruktur/ pelayanan masyakarat masih rendah (kualitas infras), pekerja pariwisata masih sedikit dan skill minim dan lingkungan investasi perlu ditingkatkan (sumber: World Bank).

Selain itu, terdapat 4 komponen yang harus terintegrasi dengan baik dalam meningkatkan pariwisata yang juga merupakan tantangan kedepan, yakni: 1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan untuk memfasilitasi pengembangan pariwisata terpadu dan berkelanjutan, 2. Meningkatkan kualitas jalan dan akses pelayanan dasar di kawasan wisata yang dipilih, 3. Mendorong partisipasi lokal dalam perekonomian sektor pariwisat,. 4. Meningkatkan lingkungan yang kondusif untuk masuknya investasi swasta dan usaha ke bidang pariwisata.

Dalam program ini, infrastruktur jalan mempunyai porsi yang sangat besar dalam membantu meningkatkan kepariwisataan. Disampaikan oleh Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP selaku Kepala Dinas PUPR Prov. NTB, pembangunan jalan di NTB juga memberikan manfaat tidak hanya benefit maupun impact tetapi juga di sektor-sektor lain contohnya sport tourism, marathon dan balap sepeda.

Menjelang akhir rapat, Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP mengatakan “Kita siap melaksanakan dan mendukung program tersebut dalam meningkatkan sektor pariwisata serta bersama-sama mampu menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (tahu membangun dan juga harus tahu merawat)”.

“Kita juga harus menyiapkan baik – baik strategi wisata di Lombok dari destinasi, akses dan masyarakatnya”, tambahnya.

Diharapkan koordinasi yang terjalin saat ini hingga kedepannya dapat menciptakan konsep infrastruktur pendukung pariwisata yang terpadu di Lombok.~ppid~


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Konsultasi Regional Kementerian PUPR Tahun 2019

Kadis / Sekdis / PIW

Hotel Lombok Raya

Rabu, 20 Februari 2019

19.00 WITA


Pertemuan Koordinasi Sub Klaster WASH

Bidang Cipta Karya

Ruang Rapat Bappeda NTB

Kamis, 21 Februari 2019

14.00 WITA


Audiensi dengan Bappenas terkait Pembentukan tim Kelompok Kerja Destinasi Wisata Kebugaran Bilebante Loteng

-

Ruang Rapat Utama Gubernur NTB

Kamis, 21 Februari 2019

10.30 WITA


Penjelasan Secara Teknis Kegiatan Kursus Bahasa Inggris ttg Manajemen Sampah (Waste Management)

-

Ruang Rapat BKD NTB

Kamis, 21 Februari 2019

09.00 WITA


Courtesy Meeting Tim Koordinasi P3TB dengan Gubernur Terkait Kemajuan dan Penyusunan ITMP Lombok dalam Rangka Kunjungan Kerja Tim Koordinasi P3TB dari Bappenas

Kepala Dinas

Ruang Kerja Gubernur NTB

Kamis, 21 Februari 2019

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 34

Bulan Ini : 34

Total Pengunjung : 14507

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait