PELATIHAN TRAINING OF TRAINERS (TOT) RISHA

PELATIHAN TRAINING OF TRAINERS (TOT) RISHA

Diterbitkan Sabtu, 8 September 2018 oleh ucang 343 kali dilihat


Mataram – 8 September 2018, Sedang berlangsung Pelatihan Training of Trainers (TOT) Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang diadakan oleh Balai Pelatihan Jasa Konstruksi Surabaya. Pelatihan yang berlangsung di Lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi NTB dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Universitas (UNRAM, UNIZAR, UMM), YLKI, LPJK dan asosiasi-asosiasi lainnya. Penyelengaraaan pelatihan dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari terhitung mulai tanggal 6-8 September 2018.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan kepada peserta pelatihan terkait RISHA dan mempraktekkan penulangan pembesian, pencetakan dan perakitan panel-panel. Peserta pelatihan nantinya akan menjadi pendamping masyarakat/tukang-tukang/buruh-buruh dilapangan dalam pembangunan RISHA.

Seperti yang diketahui, pembangunan RISHA nantinya memanfaatkan tenaga masyarakat, tukang-tukang maupun buruh-buruh lokal. Selain itu, dibutuhkan juga tenaga pendamping yang bertugas dalam pengawasan dan pengendalian pembangunan RISHA. Mengingat jumlah rumah yang tidak sedikit mengalami rusak berat, jumlah pendamping yang dibutuhkan pun banyak. Menurut data yang telah terhimpun terdapat 83.392 rumah rusak, untuk 1 pendamping diperkirakan dapat mendampingi pembangunan 10 rumah dan ekuivalen dengan 8 ribu pendamping. Kementerian PU-PR sudah memberikan 400 tenaga muda sebagai sukarelawan di Lombok.


Direncanakan pada hari pertama – hari kedua diadakan pembekalan teori dan praktek penulangan pembesian dan perakitan panel-panel RISHA. Sedangkan pada hari ketiga diadakan pelatihan pengecoran dan kunjungan ke Masjid di Nipah yang saat ini sedang berlangsung pembangunan dengan menggunakan konsep RISHASetelah pelatihan selesai, peserta pelatihan ini juga nantinya akan mendampingi kluster-kluster yang dibangun oleh Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (REKOMPAK).

RISHA merupakan rumah layak huni yang memenuhi unsur aman, sehat, nyaman, mudah dibangun dan cukup ruang. RISHA dengan tipe 36 untuk main strukture dan atap dibandrol dengan harga 38 juta. RISHA terdiri dari 4 modul dengan 1 modul 3 x 3m. RISHA memiliki 3 panel (P1, P2, P3), RISHA T-36 untuk P1 dibutuhkan = 78 buah, P2 dibutuhkan 30 buah dan P3 dibutuhkan 30 buah.

Diharapkan, peserta pelatihan ini dapat menyerap ilmu, pengetahuan dan teknik dalam pembangunan RISHA. Selain itu, diharapkan juga dapat mensosialisasikan, mendampingi dan mentransfer pengetahuan dan skill kepada masyarakat, tukang-tukang maupun buruh-buruh. Bersama-sama kita bisa membangun Lombok Sumbawa.~ppid~.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Konsultasi Regional Kementerian PUPR Tahun 2019

Kadis / Sekdis / PIW

Hotel Lombok Raya

Rabu, 20 Februari 2019

19.00 WITA


Pertemuan Koordinasi Sub Klaster WASH

Bidang Cipta Karya

Ruang Rapat Bappeda NTB

Kamis, 21 Februari 2019

14.00 WITA


Audiensi dengan Bappenas terkait Pembentukan tim Kelompok Kerja Destinasi Wisata Kebugaran Bilebante Loteng

-

Ruang Rapat Utama Gubernur NTB

Kamis, 21 Februari 2019

10.30 WITA


Penjelasan Secara Teknis Kegiatan Kursus Bahasa Inggris ttg Manajemen Sampah (Waste Management)

-

Ruang Rapat BKD NTB

Kamis, 21 Februari 2019

09.00 WITA


Courtesy Meeting Tim Koordinasi P3TB dengan Gubernur Terkait Kemajuan dan Penyusunan ITMP Lombok dalam Rangka Kunjungan Kerja Tim Koordinasi P3TB dari Bappenas

Kepala Dinas

Ruang Kerja Gubernur NTB

Kamis, 21 Februari 2019

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 34

Bulan Ini : 34

Total Pengunjung : 14504

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait