PERSIAPAN MASA TRANSISI MENUJU PEMULIHAN BERSAMA DPUPR PROVINSI NTB PASCA GEMPA

PERSIAPAN MASA TRANSISI MENUJU PEMULIHAN BERSAMA DPUPR PROVINSI NTB PASCA GEMPA

Diterbitkan Kamis, 9 Agustus 2018 oleh ucang 290 kali dilihat


Mataram – Minggu, 5 Agustus 2018 Gempa kembali melanda Lombok Utara, NTB. Gempa terjadi pada pukul 19.46 WITA dengan kekuatan Gempa 7.0 Skala Ricther (SR). Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG, Gempa di Lombok Utara berpotensi tsunami dengan pusat gempa berada di daratan pada koordinat 8.37 Lintang Selatan 116.48 Bujur Timur pada kedalaman 15 KM.

Gempa-gempa susulan yang berulang kali terjadi mengakibatkan kerusakan hingga robohnya konstruksi bangunan dan keretakan pada ruas-ruas jalan di Lombok. Bencana alam berupa gempa ini cukup membuat syok masyarakat yang berada pada kawasan kisaran gempa mengingat pernah terjadi gempa berkekuatan 6.4 SR tepat seminggu sebelum gempa yang saat ini terjadi.

Melihat dan turut merasakan kejadian ini pada Senin 6 Agustus 2018, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP membentuk beberapa tim yang bertugas melakukan survei, pendataan dan pengkajian terhadap bangunan, ruas-ruas jalan, jembatan maupun saluran irigasi khususnya yang menjadi ranah tanggung jawab Provinsi dan juga berdasarkan laporan yang masuk ke DPUPR Provinsi NTB.

Survei, pendataan dan pengkajian yang dilakukan oleh DPURP Prov. NTB masih tetap berjalan hingga dini hari Kamis, 9 Agustus 2018. Lokasi terkait yang telah dikunjungi pasca gempa diantaranya : Rumah Sakit Umum Provinsi, Rumah Sakit Jiwa, Islamic Center (IC), Dinas Kelautan dan Perikanan, Diskominfotik, BPKAD, Kantor Gubernur, Kantor DPRD Provinsi, Kantor Inspektorat Provinsi NTB, Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi UMKM Provinsi NTB.

Beberapa sumber dana untuk pemulihan terhadap temuan-temuan kerusakan berdasarkan hasil pengecekan dapat ditanggani dari anggaran APBD masing-masing SKPD, sumbangan dari pihak ketiga khususnya untuk perbaikan infrastruktur, sumbangan dari kementerian-kementerian, dari APBN ataupun dapat mengganggarkannya pada tahun-tahun berikutnya.

Saat ini DPUPR Provinsi NTB bekerjasama dengan mitra-mitra kerja jasa konstruksi berfokus pada pembersihan jalan raya yang mengalami kerusakan, pembersihan puing-puing reruntuhan bangunan gedung serta rumah dan termasuk juga berfokus pada pemulihan fisik konstruksi maupun infrastruktur yang ada.

Selain itu, DPUPR Provinsi NTB telah bekerjasama dengan Perguruan Tinggi (UNRAM, UGM, ITB, ITS) dalam melakukan penilaian (assessment) kelayakan pakai bangunan sekolah-sekolah (SD, SMP dan SMA) khususnya di Kota Mataram pasca terjadi gempa. ~ppid~


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Persiapan Rencana Penyelenggaraan Balap Internasional MotoGP 2021

Kepala Dinas

Hotel Sheraton Senggigi

Rabu, 27 Maret 2019

13.00 WITA


Pembahasan Hasil Survey Jalur Pendakian Senaru dan Sembalun

Bidang Bina Konstruksi

Kantor Balai TN. G.Rinjani

Rabu, 27 Maret 2019

10.00 WITA


Kunjungan Lapangan Mahasiswa Prodi Magister Perencanaan Wilayah Kota (MPWK)

Bidang PIW

Ruang Rapat Bappeda NTB

Rabu, 27 Maret 2019

09.00 WITA


Peresmian Gedung

Bidang Sumber Daya Air

UPTD SMKPPN Mataram

Rabu, 27 Maret 2019

09.00 WITA


Persiapan Simposium Asia Pasific Geopark Network 2019

Bidang Sumber Daya Air

Hotel Lombok Raya

Rabu, 27 Maret 2019

09.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 0

Bulan Ini : 103

Total Pengunjung : 16932

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait