PERAN DPUPR PROVINSI NTB DALAM PENANGANAN PASCA GEMPA

PERAN DPUPR PROVINSI NTB DALAM PENANGANAN PASCA GEMPA

Diterbitkan Sabtu, 18 Agustus 2018 oleh ucang 379 kali dilihat


Mataram – Agustus 2018, Sampai saat ini, pulau Lombok masih diselimuti oleh ancaman – ancaman bencana alam berupa gempa bumi. Gempa yang terjadi di Pulau Lombok banyak mengakibatkan bangunan kantor, rumah, gedung, RS, tempat ibadah dan lainnya mengalami kerusakan ringan hingga berat. Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu daerah yang mengalami kerusakan parah.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi NTB merupakan salah satu instansi yang memiliki peran dan kekuatan dalam membantu penanganan pasca gempa terutama pada hal-hal yang terkait bidang infrastruktur.

Saat ini DPUPR Prov. NTB akan berfokus pada pembersihan puing – puing reruntuhan bangunan sebagai persiapan pembangunan Hunian Sementara (Huntara) di Kabupatan Lombok Utara (KLU) serta melakukan assessment bangunan pelayanan publik.

Alat berat seperti excavator, dump truck dan sejenisnya sudah disiapkan oleh gabungan beberapa pihak untuk pembersihan puing – puing yang saat ini akan diutamakan di daerah Tanjung dan Pemenang dan beberapa lokasi terdampak bencana gempa. Pembersihan lokasi diperkirakan akan dimulai dari pinggir jalan kemudian masuk ke dalam.

Penurunan alat berat ke lokasi-lokasi harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan situasi masing-masing kawasan. Untuk itu, tim DPUPR akan dibekali informasi terkait medan yang dihadapi dalam menentukan konsep teknis pembersihan lebih lanjut.

Akan tetapi, tidak serta merta kelancaran operasional pembersihan dapat diraih dikarenakan terdapat kendala-kendala yang saat ini tengah dihadapi tim DPUPR, yakni: 1. Padatnya traffic ke lokasi dalam memobilisasi alat berat, 2. Data lokasi-lokasi penurunan alat berat saat ini masih tersebar yang akan mengakibatkan kurang efisiennya penggunaan alat berat, 3. Sejumlah masyarakat belum mau untuk dilakukan pembersihan terhadap kediamannya dan memerulukan, 4. Perlunya ijin dari pemilik tanah yang akan dilakukan pembersihan, 5. Metode pembersihan yang dipakai dalam menyelesaikan masalah dilapangan, 6. Batas – batas kavling setelah pembersihan, 7. Dan penentuan lokasi pembuangan material.

Perhatian juga tertuju pada tenda-tenda pengungsian yang memiliki daya tahan pemakaian yang pendek. Jika dimungkinkan akan diadakan temporary shelter sebagai pengganti tenda yang dapat dibuat dikavling rumah masing-masing maupun di tanah lapang.

Selain itu, proses rehabilitasi rekonstruksi bangunan kantor, RS, tempat ibadah dan hal-hal yang terkait dengan pelayanan publik diharapkan dapat dibuat dengan kondisi yang lebih bagus dan juga mengutamakan tata lingkungan yang baik. Begitu juga dengan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), HUNTARA maupun konvensional yang dapat menjadi pilihan masyarakat. Diharapkan adanya keterlibatan buruh/tukang/warga lokal dan pendamping (tenaga ahli) dalam membantu proses rehabilitasi rekonstruksi bangunan tersebut.

Terkait assessment bangunan, tim DPUPR Provinsi NTB telah melaksanakan assessment beberapa bangunan gedung pemerintah di Mataram. Disamping itu, diakhir bulan Agustus, tim DPUPR Pronvinsi NTB yang bekerjasama dengan tim ahli dari Australia akan melakukan assessment terhadap bangunan di wilayah terdampak di Lombok khususnya Kab. Lombok Utara, Kota Mataram, Kab. Lombok Timur dan Kab. Lombok Barat. Bangunan yang di assessment meliputi bangunan kantor, tempat ibadah, RS dan bangunan yang termasuk pelayanan publik lainnya. ~ppid~.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Progres Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bidang Fisik di NTB

Bidang Bina Marga

The Jayakarta Resort Senggigi

Rabu, 23 Oktober 2019

09.00 WITA


Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Perencanaan Pembangunan Investasi dan Keuangan Provinsi NTB

Sekretaris Dinas

Hotel Lombok Raya

Rabu, 23 Oktober 2019

09.00 WITA


Pemeriksaan Formulir UKL-UPL Rencana usahaa dan / Kegiatan Pembangunan Dermaga Tambatan Perahu di Desa Mertak Kec. Pujut

Bidang Tata Ruang

Ruang Rapat Dinas LHK NTB

Rabu, 23 Oktober 2019

08.30 WITA


Rapat Persiapan Monitoring dan Evaluasi Terpadu

Bidang PIW

Ruang Rapat Bappeda NTB

Rabu, 23 Oktober 2019

08.30 WITA


Rekonsiliasi Provinsi Pengelolaan Rumah Negara Golongan III

Bidang Cipta Karya

Hotel Lombok Raya

Rabu, 23 Oktober 2019

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 91

Bulan Ini : 91

Total Pengunjung : 32933

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait