Peningkatan Kesejahteraan di Desa Batu Rakit: Kegiatan Jumat Salam Dinas PUPR Provinsi NTB

Peningkatan Kesejahteraan di Desa Batu Rakit: Kegiatan Jumat Salam Dinas PUPR Provinsi NTB

Diterbitkan Senin, 11 Desember 2023 oleh M. Kausar 134 kali dilihat


Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kegiatan Jumat Salam Dinas PUPR Provinsi NTB digelar di Desa Batu Rakit, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Plh. Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB bersama rombongan, termasuk Sekretaris Dinas PUPR Provinsi NTB, Kabid Tata Ruang, Kabid Bangkim, Kabid Bikon, Kabal PJP Lombok, Kabal PJP Sumbawa dan Kabal PSDA Sumbawa, memimpin kegiatan tersebut. Desa Batu Rakit, sebagai hasil pemekaran dari Desa Sukadana, mencatat progres signifikan dalam menurunkan angka stunting, dari 149 pada bulan Mei 2023 menjadi 109 pada bulan November. Keberhasilan ini diperoleh dengan dukungan dana desa sekitar 30%, mengungguli capaian desa-desa lain di sekitarnya.
Pada saat pelaksanaan kegiatan Jumat Salam, disampaikan Kepala Desa Batu Rakit sebelumnya telah mengajukan permohonan hibah tanah Pemprov seluas 3 are (rumah juru yang rusak) untuk membangun posyandu pada tahun 2024 melalui dana desa. Permohonan ini disampaikan kepada Ibu Wagub pada launching program penurunan stunting bulan Mei 2023, menunjukkan komitmen Desa Batu Rakit dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya.
Disamping itu, terkait infrastruktur jalan di desa ini, diketahui 70% jalan desa di Batu Rakit sudah diaspal, tetapi kondisi dusun Pok Sirem masih menggunakan jalan tanah. Masyarakat setempat mengusulkan agar dilakukan pembangunan aspal hotmix sepanjang 1,8 km untuk meningkatkan aksesibilitas, terutama sebagai jalur utama produksi komoditas perkebunan seperti kopi, kakao, dan manga. Dokumen proposal untuk pembangunan ini telah diajukan ke Pemerintah Desa oleh Bapak Aulia, menandakan koordinasi yang baik antara Pemerintah Desa dan Provinsi serta semangat perubahan dan perkembangan dalam memajukan infrastruktur terencana dengan baik di Desa Batu Rakit.
Kondisi luar biasa Desa Batu Rakit dalam penanganan stunting dan infrastruktur jalan menjadi inspirasi bagi desa-desa sekitarnya. Upaya pemerintah desa, didukung oleh Pemerintah Provinsi NTB, menunjukkan sinergi yang kuat dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Dengan berbagai langkah strategis ini, diharapkan Desa Batu Rakit terus mewujudkan perubahan positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Ada yang ingin Sobat PUPR sampaikan ? Scan QR dibawah ini
Responsive image
Pelayanan Aduan & Permohonan Informasi

Akses Daftar Informasi Publik
Responsive image
Daftar Informasi Publik

Responsive image
Responsive image
Survei Kepuasan Masyarakat Online Terintegrasi
KLIK DISINI

Telusuri
Agenda

Koordinasi TPAR Kebon Kongok.

Cipta Karya

Ruang Rapat Dinas LHK NTB

Kamis

08.30 WITA


Asistensi Data Laporan Penjabat Gubernur. Ruang

-

Rapat Bappeda Prov NTB

Kamis

08.00 WITA


cara kunjungan peserta bimbingan teknis KOMIR.

Sumber Daya Air

Aula Pengga Dinas PUPR Prov NTB.

Kamis

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 335

Minggu Ini : 943

Bulan Ini : 943

Total Pengunjung : 478433

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?



Link Terkait