Rapat Koordinasi TPA Regional Rincung di Kabupaten Lombok Barat

Rapat Koordinasi TPA Regional Rincung di Kabupaten Lombok Barat

Diterbitkan Selasa, 5 Maret 2019 oleh ucang 108 kali dilihat


Bertempat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTB diadakan rapat koordinasi dengan pembahasan terkait TPA Regional. TPA berskala Regional saat ini berlokasi di Kebon Kangok Kabupaten Lombok Barat yang per 1 Oktober 2018 dikelola secara penuh oleh Pemerintah Provinsi. TPA Kebon Kangok yang berjarak kurang lebih 16 KM dari Kota Mataram berada dalam kondisi over kapasitas.

Untuk itu, telah disiapkan lokasi TPA Regional baru yakni TPA Regional Rincung yang berlokasi di Dusun Rincung, Desa Banyu Urip, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB dan berjarak kurang lebih 22 km dari Kota Mataram. TPA tersebut akan dikelola oleh Pemerintah Provinsi berdasarkan UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah terkait TPA berskala Regional ataupun lintas Kabupaten/Kota menjadi kewenangan Provinsi.

TPA Regional Rincung merupakan TPA yang akan melayani Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Lahan TPA Regional ini juga merupakan kawasan hutan produksi dan pengelolaan TPA ini akan dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB. Tercatat pada tahun 2016 timbunan sampah Kota Mataram sekitar 1440 m2 dan Kabupaten Lombok Barat sekitar 1611 m2.

Perencanaan pembangunan TPA ini juga guna mewujudkan penyelenggaraan sistem pengelolaan dan operasional TPA Regional yang mengedepankan prinsip Pengelolaan Sampah Terpadu (Sanitary Landfill, Pemrosesan B3 dan Sampah Organik, serta Recycling) sebagai salah satu upaya perlindungan lingkungan hidup seperti tanah, air baku dan pengurangan emisi gas TPA.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi dalam mengusahakan zero waste dengan berdasar pada pengelolaan sampah yang baik. Nantinya TPA Rincung di Kabupaten Lombok Barat ini direncanakan memiliki luasan 9.5 Hektar dan berjarak 1 km dari pemukiman penduduk.

Perlunya kerjasama dari berbagai pihak tentu juga dibutuhkan dalam menunjang pengelolaan sampah yang efektif dan efisien. Berkenaan dengan hal tersebut, sistem penyediaan wadah di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: 1. Pemukiman penduduk disediakan oleh masyarakat, 2. Jalan raya dan tempat umum disediakan oleh UPTD Persampahan Kab. Lombok Barat dan Kota Mataram, 3. Pasar disediakan oleh UPTD Persampahan Kab. Lombok Barat dan Kota Mataram, 4. Industri daerah komersial dan perkantoran disediakan oleh penanggungjawab masing-masing.

Diharapkan Dinas Lingkungan Hidup Lombok Barat melakukan sosialisasi dengan masyarakat yang bermukim disekitar kawasan TPA Rincung untuk melancarkan kegiatan tersebut dan juga diharapkan penyusunan DED TPA Regional Rincung berdasarkan perhitungan akurat dimana mampu melakukan pengelolaan sampah dengan efektif dan efisien sehingga TPA ini dapat menjadi contoh daerah-daerah lain yang ada di Indonesia terkait pengelolaan sampah. ~ppid~


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Pemanfaatan Lahan

Bidang Cipta Karya

Dinas Kesehatan NTB

Rabu, 24 April 2019

09.00 WITA


Pelaksanaan Konsultasi Pebulik Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ) Kawasan Sekitar KEK Mandalika

Bidang Tata Ruang

Ruang Rapat Tastura I Kantor Bupati Loteng

Rabu, 24 April 2019

09.00 WITA


Pemasyarakatan Nasionalisme Indonesia dan Idealisme Bung Karno

Bidang Bina Konstruksi

Aula Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB

Rabu, 24 April 2019

08.00 WITA


Rapat Koordinasi Pra Propemperda (Pra Program Pembentukan Peraturan Daerah)

UP

Gedung Sangkarean Kantor Gubernur NTB

Rabu, 24 April 2019

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 58

Bulan Ini : 58

Total Pengunjung : 19473

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait