Rapat Pembahasan SPAM Regional Pulau Lombok

Rapat Pembahasan SPAM Regional Pulau Lombok

Diterbitkan Kamis, 12 Maret 2020 oleh ucang 105 kali dilihat


Rapat terkait Sistem Penyediaan Air Minum atau biasa disebut SPAM Regional di Pulau Lombok telah dilaksanakan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTB. Rapat yang dibuka sekaligus dipimpin oleh Ir. H. Azhar, MM selaku Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB dihadiri pihak terkait diantaranya Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur (PDPPI) Kementerian Keuangan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I, PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan PT. Gerbang NTB Emas.

Saat ini SPAM Regional Pulau Lombok masuk tahap perencanaan dimana tahap ini direncanakan tahun 2019 sampai 2021 yang sebelumnya telah melalui studi pendahuluan. Selain itu, pihak Pemerintah Provinsi NTB sudah MoU dengan Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok sekaligus penyerahan pipa oleh Gubernur pada bulan November 2019 lalu dan sudah dibentuk tim penyusun KPBU SPAM Regional Pulau Lombok.

Diketahui ada beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di Pulau Lombok tetapi hanya 1 DAS yang direkomendasikan untuk SPAM Regional oleh Dirtjen Cipta Karya yaitu DAS Segara, ungkap “Radyus Ramli” Dinas LHK NTB.

Tambah Ahlul Wakti selaku Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR terkait DAS Segara, pada tanggal 27 September 2019 pada puncak musim kemarau sudah menghitung debitnya menggunakan alat AWLR (Automatic Water Level Recorder) pada bagian hilir. Pada bagian hulu sudah digunakan PDAM, PLTMH, irigasi dsb dan dibagian hilir terdapat tiga sumber mata air yang setelah diukur didapatkan debit sebesar 1502 liter/detik. Kemudian pada tanggal 21 Januari 2020 pada musim hujan dengan koordinat yang sama mendapatkan debit sebesar 3730 liter/detik. Hasil ini yang dapat di floating untuk rating coap sehingga bisa menjadi masukan bila diperlukan. Sehingga potensi paling besar berada di DAS Segara ini.

Diharapkan tahap demi tahap dalam merealisasikan SPAM Regional Pulau Lombok dengan konsep KPBU dan B2B dapat berjalan sesuai yang direncanakan dan kedepannya Pulau Lombok selalu tercukupi akan kebutuhan air.


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda
Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 0

Bulan Ini : 137

Total Pengunjung : 53830

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait