Reaksi Cepat Tanggap Dampak Gempa 6.4 SR

Reaksi Cepat Tanggap Dampak Gempa 6.4 SR

Diterbitkan Senin, 30 Juli 2018 oleh ucang 307 kali dilihat


Mataram – Minggu, 29 Juli 2018 terjadi bencana alam berupa gempa di Provinsi NTB pada kisaran waktu 06.00 WITA. Gempa yang berkekuatan 6.4 Skala Richter (SR) yang berpusat 28 KM ke arah barat laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 KM tersebut mengakibatkan beberapa bangunan pemukiman roboh, ruas-ruas jalan mengalami keretakan dan juga kerusakan pada jembatan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTB dalam hal ini langsung melakukan peninjauan dibeberapa lokasi terkait kawasan yang mengalami kerusakan yang menjadi lingkup bidang ke-PU-an. Menurut hasil peninjauan sementara sampai saat ini jembatan yang mengalami kerusakan paling parah yaitu jembatan Beburung Desa Obel-obel Kecamatan Sambelia terjadi keretakan dan pergeseran mencapai 20cm.

Peninjauan tersebut dilaksanakan oleh beberapa perwakilan dari DPUPR Prov. NTB yakni Ir. Akhmad Makchul, M. Si selaku Sekretaris Dinas, H. Sahdan, ST, MT selaku Kepala Bidang Bina Marga dan H. Syariffudin, ST, MT selaku Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Wsilayah Pulau Lombok.

Tindak lanjut sementara terhadap kerusakan jembatan ataupun jalan adalah melakukan perbaikan darurat dengan penimbunan pasir dan batu serta memberikan tanda di setiap retakan.

Kedepannya akan dilakukan peninjauan kembali terhadap lokasi-lokasi kerusakan yang terjadi pada sarana prasarana air, jalan dan jembatan yang setelah itu akan dilakukan tahapan perbaikan permanen.

Selain pengecekan ruas-ruas jalan, jembatan dan irigasi akibat gempa, peninjauan ini juga bertujuan untuk menyerahkan bantuan berupa air minum, mie instan dan snack ringan ke posko-posko pengungsian.

Pada Senin, 30 Juli akan dilakukan penggalangan dana dan sembako lingkup Dinas PUPR Prov. NTB untuk disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Jika tidak ada kendala, dimungkinkan pada hari Selasa, 31 juli sembako ataupun dana yang sudah terkumpul akan disalurkan.

Dan menjadi harapan bersama ialah tidak ada lagi gempa bumi susulan dengan skala besar yang dapat memperparah keadaan saat ini. ~ppid~


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Progres Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bidang Fisik di NTB

Bidang Bina Marga

The Jayakarta Resort Senggigi

Rabu, 23 Oktober 2019

09.00 WITA


Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Perencanaan Pembangunan Investasi dan Keuangan Provinsi NTB

Sekretaris Dinas

Hotel Lombok Raya

Rabu, 23 Oktober 2019

09.00 WITA


Pemeriksaan Formulir UKL-UPL Rencana usahaa dan / Kegiatan Pembangunan Dermaga Tambatan Perahu di Desa Mertak Kec. Pujut

Bidang Tata Ruang

Ruang Rapat Dinas LHK NTB

Rabu, 23 Oktober 2019

08.30 WITA


Rapat Persiapan Monitoring dan Evaluasi Terpadu

Bidang PIW

Ruang Rapat Bappeda NTB

Rabu, 23 Oktober 2019

08.30 WITA


Rekonsiliasi Provinsi Pengelolaan Rumah Negara Golongan III

Bidang Cipta Karya

Hotel Lombok Raya

Rabu, 23 Oktober 2019

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 91

Bulan Ini : 91

Total Pengunjung : 32950

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait