Rencana Pembangunan Bendungan Mujur

Rencana Pembangunan Bendungan Mujur

Diterbitkan Rabu, 13 November 2019 oleh ucang 275 kali dilihat


Rabu, 13 November 2019 diselenggarakan Rapat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rapat tersebut guna membahas Perencanaan, Persiapan dan Land Acquisition Resettlement Action Plan (LARAP) Bendungan Mujur yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah.

Rapat yang dipimpin oleh Ir. H. Azhar, MM selaku Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB juga dihadiri oleh Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP selaku Asisten II Setda NTB dan H.M. Nursiah, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah serta dihadiri oleh perwakilan instansi terkait diantaranya Bappeda, Dinas PUPR Kabupten Lombok Tengah, BWS NT 1, BPN Lombok Tengah dan Dinas LHK.

Direncanakan Bendungan Mujur yang terletak Kabupaten Lombok Tengah memiliki Kapasitas Tampungan Efektif sebesar 23.03 juta m3 dengan panjang tubuh (bendungan utama) 2.8 km. Manfaat Bendungan Mujur sendiri yaitu 1. Dapat meningkatkan intensitas tanam untuk (6181 Ha) DI Katon seluas 1885 ha DI Mujur I seluas 1301 ha dan DI Mujur II seluas 2955 ha, 2. Sebagai penyediaan air baku sebesar 183 l/det.

Kebutuhan lahan keseluruhan pembangunan Bendungan Mujur seluas 394.92 Ha dimana luas lahan yang telah diukur seluas 177.56 Ha (Luas lahan Pemda dan Luas 4 Desa). Sedangkan luas lahan yang belum diukur terletak di wilayah Desa Kelebuh seluas 217.38 Ha.

“Saat ini tidak dapat dipungkiri Kabupaten Lombok Tengah menjadi perhatian Pemerintah Pusat sebagai objek vital Nasional dan diperlukan dukungan infrastruktur super prioritas”, ungkap Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP.

Begitu juga dengan rencana pembangunan Bendungan Mujur, selain dukungan infrastruktur, diperlukan dukungan dan kerjasama masyarakat setempat dalam pembangunan bendungan tersebut. Untuk itu, sosialisasi/konsultasi publik merupakan langkah awal membuka pemahaman masyarakat setempat akan pentingnya pembangunan Bendungan Mujur.

Diharapkan pembangunan Bendungan Mujur yang saat ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah Provinsi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten dapat berjalan lancar. Dan dengan langkah “Percepatan” merupakan langkah yang harus diambil sebagai bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam mensukseskan pembangunan Bendungan Mujur guna kemaslahatan masyarakat. ~lst~


Tinggalkan Komentar :



Komentar :

Belum Ada Komentar

Sambutan Kepala Dinas
Telusuri
Agenda

Koordinasi Batas Daerah Kabupaten/Kota Provinsi NTB

Bidang Tata Ruang

Ruang Rapat Anggrek Setda NTB

Senin, 2 Maret 2020

14.00 WITA


Acara Pelantikan Pengurus DPW LASQI NTB

Kepala Dinas

Pendopo Tengah Gubernur NTB

Senin, 2 Maret 2020

09.00 WITA


Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara POLRI TA. 2019/2020

Sekretaris Dinas

Lapangan Upacara SPN Polda NTB Lotim

Senin, 2 Maret 2020

09.00 WITA


Validasi Data LPPD Provinsi NTB Tahun 2019

-

Ruang Rapat Biro Pemerintahan Setda NTB

Senin, 2 Maret 2020

08.30 WITA


Kegiatan Training of Trainer Bagi Calon Instruktur Bidang Jasa Konstruksi

Bidang Bina Konstruksi

Hotel Aston Inn Mataram

Senin, 2 Maret 2020

08.00 WITA

Arsip Berita
Like Us On Facebook
Follow Us On Twitter
Subscribe Us On Youtube
Pengunjung

Hari Ini : 0

Kemarin : 0

Minggu Ini : 0

Bulan Ini : 199

Total Pengunjung : 45845

Polling Website

Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi Ke-PU-an ?


Link Terkait